Laman

Sabtu, 10 April 2010

Sujud Bikin Otak Cerdas

Gerakan Shalat, ternyata memiliki keajaiban. Ternmsauk pada saat sujud yang bermakna menundukan diri yang serendah-rendahnya dihadapan ALLAH SWT. Dari segi ruhiyah, sujud membawa manusia agar bersikap tawadhu’ dan rendah hati, memasrahkan diri. Dari pandang ilmu psikoneuroimuniologi (ilmu mengenai kekebalan tubuh dari sudut pandang psikologis) sujud memiliki manfaat yang sangat besar.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan Prof. Sholeh yang telah diakui Universitas Harvard, AS, sujud mengantarkan kita pada derajat yang tinggi. Pasalnya, dengan melakukan sujud secara rutin, pembhuluh darah yang ada diotak terlatih untuk menerima banyak pasokan darah.
Pada saat sujud, posisi jantung berada diatas kepala yang memmungkinkan darah mengalir maksimal keotak. Itu artinya otak mendapatkan pasokan darah kaya oksigen yang memacu kerja sel-selnya.
Selain itu, ada sel dalam otak yang tak bisa dialiri darah kecuali hanya dengan melakukan sujud. Dengan kata lain, sujud dengan tumakninah dan kontinyu dapat memacu kecerdasan. Dan seorang dokter dari AS pun menyatakan masuk islam setelah melakukan riset dan pengembangan mengenai sujud.

sumber ; sabili edisi 2007

Tidak ada komentar: